Home » » Dari Cat Semprot Bisa Jadi Baju Siap Pakai

Dari Cat Semprot Bisa Jadi Baju Siap Pakai

Written By Fariszie Hotsuin on Selasa, 18 Juni 2013 | 18.12



Umumnya
, baju terbuat dari katun, linen, syifon dan lainnya. Kinii, perkembangan iptek menghadirkan inovasi canggih industri fashion. Dari cat semprot, bisa jadi baju siap pakai. Teknologi ini dikembangkan oleh ilmuwan Spanyol, Dr Manel Torres.



10 tahun lebih Dr Manel Torres menciptakan terobosan unik ini. Dalam tahap pertama, tampak Dr Manel Torres menyemprotkan cat yang dinamakan 'Fabrican' dalam arti sesungguhnya, material katun yang dikemas dalam kaleng aerosol. Model pria itu mengenakan kacamata pelindung untuk melindungi matanya selama proses berlangsung.



Dr Manel bekerjasama dengan Paul Luckham, seorang professor dari Particle Technology di Imperial College, London, untuk membuat Fabrican. Sebagian komponen Fabrican adalah serat katun, polymer (semacam plastik untuk merekatkan partikel) dan pelarut agar bentuknya tetap cair.



Cat khusus ini cepat kering. Kurang dari 15 menit, baju sudah dapat dilepaskan dari tubuh. Kalau bosan dengan desain sebelumnya, bisa berkreasi lagi hanya dengan menyemprotnya kembali.



"Aku ingin membuat sesuatu yang futuristik, cepat dan nyaman. Untuk menunjukkan jika pengetahuan dan teknologi bisa membantu para fashion desainer, aku mulai dengan prinsip awal tekstil seperti yang umum diproduksi. Namun aku mengambil serat dan menemukan cara untuk mengikat partikel mereka tanpa harus menenun atau menjahit," jelas Dr Manel Torres, yang dikutip dari Daily Mail.



Dan ini hasilnya, baju dari cat semprot unik. Setelah kering, baju bisa langsung dilepaskan, dicuci, bahkan dipakai kembali seperti baju-baju umumnya. (Sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FzCORP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger